MENU

Temulawak Untuk Penderita Sakit Maag

Temulawak Untuk Penderita Sakit Maag
Temulawak Untuk Penderita Sakit Maag - Anda memiliki penyakit maag?? Kalau iya anda patut membaca artikel ini. Sakit maag memang sangat menyiksa perut kita, apalagi jika kumat di waktu yang tidak tepat seperti saat sedang bekerja atau bagi para pelajar saat menjalani ujian. Itu akan sangat mempengaruhi konsentrasi kita. Maka dari itu anda harus mencoba cara yang satu ini agar maag anda bisa berkurang bahkan hilang (tetapi tidak total). Terlebih dahulu kita akan membahas apa sih temulawak itu, simak gan.. :r

Temulawak (temu lawak) yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza Roxb ini termasuk ke dalam famili Zingiberaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah koneng gede, temu labak, tommo, ataupun korbanga. Mempunyai kemiripan dengan kunyit karena daging umbinya yang berwarna kuning. Namun temulawak memiliki ukuran lebih besar dan tekstur lebih kasar.

Seperti kebanyakan tanaman dalam famili Zingiberaceae lainnya, temulawak juga dikenal sebagai tanaman obat karena mengandung senyawa yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia yaitu minyak astiri. Dimana didalamnya terdapat zat xanthorizol, germaken, isofuranogermakren, trisiklin, allo aromadendren, fellandren, ar-turneron, dan turmerol, kurkumin, desmetoksokurkumin, zat tepung, kamfer, glikosida, toluyl metil karbinol dan 1-sikloisoprenmyrsen.

Salah satu keunggulan dari temulawak adalah untuk menyembuhkan penyakit maag, dan berikut adalah resepnya :


Bahan : 
  • 1 Temulawak
  • Air putih 300ml
Cara membuat :
  • Ambil 1 temulawak lalu potong-potong kasar 
  • Rebus temulawak dan air 300ml
  • Biarkan air rebusan temulawak hingga menjadi 1 gelas
  • minum selagi hangat 2 kali sehari selama 1 minggu

Begitulah kira-kira cara agar penyakit maag anda bisa teratasi tanpa harus meminum obat saat penyakit maag anada kumat. Jika dilakukan secara rutin sesuai resep, maka bisa dipastikan penyakit maag anada akan berkurang intensitas kumatnya dan jangan lupa untuk tidak memakan makanan yang dapat memicu timbulnya penyakit maag tersebut. Pola makan secara teratur juga sangat membantu dalam penyembuhan ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. terimakasih ;)